Widget HTML #1

Cara Melihat Posisi Artikel Blog Di Pencarian Google

Pendidikan.web.id - Google merupakan sebuah alat pencarian segala hal yang menggunakan jariangan Internet. Semua dapat dengan mudah dicari melalui layanan pencarian Google. Hasil penelusuran di Google dapat berupa gambar, video maupun teks artikel.

Apabila kita mememiliki konten-konten tersebut, kita dapat mengecek di posisi manakah konten tersebut berada di dalam pencarian Google. Dengan menggunakan kata kunci / keyword kita dapat menentukan hasil pencarian yang kita cari di pencarian Google. Bagaimana cara melihatnya?

Cara Melihat Posisi Artikel Blog Di Pencarian Google

Ada beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk melihat posisi konten dengan mengetikkan keyword atau kata kunci yang kita masukkan di pencarian Google. Cara tersebut dapat berbayar maupun yang gratisan. Kedua cara tersebut tentu memiliki kelemahan dan keunggulan masing-masing.

Apa saja Tools atau alat yang tersedia untuk kita gunakan untuk mengecek posisi ranking konten milik kita?

Tools Webmaster

Alat ini dapat dengan mudah membantu kita dalam analisis posisi konten yang ada dipencarian Google. Berikut tools yang dapat digunakan secaa gratis di Internet.

1. Google Search Console

Google sebagai mesin pencarian nomor satu di dunia telah menyediakan alat bernama Google Search Console (GSC). Alat ini memiliki fungsi yang sangat banyak dan tentunya gratis alias tidak berbayar. Pada Google Webmaster Console kita dapat menggunakan beragam fitur keren di dalamnya, seperti melihat keyword atau kata kunci apa saja yang telah terindex, posisi rata-rata keyword tersebut dan jumlah klik yang masuk halaman serta jumlah pengunjung dari waktu ke waktu.

Adapun statistik Google Search Console yang dapat dengan mudah digunakan tersebut, kita harus mendaftarkan terlebih dahulu di halaman resmi search.google.com

2. Ahrefs

Tools selanjutnya yang dapat digunakan adalah Ahrefs. Ahrefs merupakan suatu alat atau tools yang banyak digunakan sebagai alat bantu SEO. Hal ini dikarena banyak fitur yang mampu membantu banyak hal dalam SEO koten blog dll. Berbeda dengan Google Search Console, Ahrefs dalam penggunaannya harus merogoh kocek. Meskipun demikian, Ahrefs menyediakan beragam fitur yang lebih lengkap dan sebanding dengan uang yang dikeluarkan. Sudah pernah mencoba?

3. Semrush

Semrush termasuk sejenis dengan Ahrefs yang digunakan sebagai Tool SEO berbayar alias premium. Cara mengecek posisi ranking pada pencarian Google dapat dengan mudah pula menggunakan Semrush ini. Adapun dalam penggunaan tools ini cukup hanya memasukkan url domain kita dan dengan otomatis Semrush akan memberikan hasil analisisnya.

Sebelum menggunakan secara premium, kita dapat memanfaatkan uji coba selama 2 minggu atau 14 hari lamanya secara gratis. Apabila sudah melewati masa tersebut, kita dapat melanjutkan pembayaran untuk menggunakannya kembali.

Demikianlah beberapa tools yang bermanfaat untuk dapat kita gunakan dalam menganalisis konten. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

ipung.net
ipung.net For any business inquiries, endorsement, collaboration, job, etc. Please send your email to: ipung@gmx.com

Post a Comment for "Cara Melihat Posisi Artikel Blog Di Pencarian Google"