Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengenal Ciri Pembelajaran Kontruktivisme

Mengenal Ciri Pembelajaran Kontruktivisme

Pendidikan.web.idMengenal Ciri Pembelajaran Kontruktivisme. Pendekatan pembelajaran seperti apakah yang Anda gunakan sebagai guru yang mengajarkan siswa-siswi di sekolah selama ini? 

Pertanyaan ini tentu akan mendapat jawaban dari para guru yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Hal ini karena setiap guru memiliki pandangan dan cara yang berbeda dalam menggunakan pendekatan pembelajaran untuk diterapkan dalam aktivitas kegiatan belajar dan mengajar.

Kali ini Pendidikan.web.id akan mengulas salah satu pendekatan pembelajaran, yakni pembelajaran berorientasi kontruktivisme. Model pembelajaran kontruktivisme dibangun guru dengan mengembangkan konsep dan pengetahuan yang telah dimiliki siswa dari hasil pengataman. 

Model seperti ini dapat memahamkan siswa dalam rentang waktu yang lama. Pasalnya, proses yang berjalan dilakukan secara kognitif pada diri siswa. Proses kognitif merupakan tahapan dalam pemahaman siswa untuk menemukan konsep baru yang dibangun tidak hanya dihafal melainkan ditanamkan dari pengembangan berbasis data dan penjelasan yang akan melekat dalam rentang waktu lama.

Pengertian Kontruktivisme

Teori Kontruktivisme dapat didefinisikan sebagai suatu model pembelajaran yang memiliki sifat berupa generative. Artinya adalah memiliki sebuah tindakan yang dapat mencipta dari suatu makna dari yang telah dipelajari.

Model Pembelajaran Kontrukvisme

Model pembelajaran kontrukvisme merupakan suatu pandangan yang dilakukan pada proses kegiatan pembelajaran yang dinyatakan adanya proses kegiatan belajar dimulai dari adanya konflik kognitif.

Konsep Umum Kontruktivisme

  1. Pendekatan dari konsep kontruktivisme secara umum diuraikan sebagai berikut.
  2. Siswa belajar aktif untuk memupuk pengetahuan yang dilandaskan pada pengalaman yang telah dimiliki.
  3. Siswa mampu mengelola pengetahuan yang telah dimiliki secara mandiri untuk diterapkan dalam konteks pembelajaran
  4. Proses pembinaan dan pengelolaan pengetahuan siswa diaktifkan dengan menghubungkan pengetahuan informasi baru dengan pemahaman yang sudah dimiliki
  5. Faktor motivasi pembelajaran yang utama berasal dari ketidakseimbangan. Hal yang menjadi factor ini akan berlaku jika siswa memiiki kesadaran atas gagasan yang dimiliki tidak memiliki konsistensi atau sesuai dengan keilmiahan pengetahuan.
  6. Perlu adanya keterkaitan antara bahan pembelajaran terhadap pengalaman siswa sehingga meningkatkan minat siswa dalam belajar.


Peran Guru Pada Pembelajaran Kontrukvisme

Guru memiliki peran penting dalam proses kegiatan pembelajaran kontrukvisme yakni mendorong dan mengarahkan kepada siswa-siswa untuk meningkatkan pengetahuan baru terhadap pengalaman atau pengetahuan yang tengah dipelajari. Adapun cara untuk membantu siswa dalam membangun pengetahuan tersebut dilakukan dengan metode Teknik belajar aktif.

Ciri Pembelajaran Kontrukvisme

Apa sajakah ciri-ciri dari pembelajaran dengan acuan orientasi kontrukstivisme?

Berikut ini poin-point penting yang menjadi ciri-ciri pembelajaran berorientasi kontruktivisme yang menjadi kebalikan dari paradigma behaviorisme.
  1. Pembelajaran yang mengaktifkan pada pengetahuan awal yang dimiliki siswa
  2. Kegiatan proses belajar siswa diarahkan untuk mengkontruksi pada pembangunan pengetahuan.
  3. Kegiatan mengajar dilakukan  untuk membelajarkan orang yang tengah belajar
  4. Harapan dari model pembelajaran siswa mampu menyerap pemahaman pengetahuan yang telah dipelajari
  5. Pembelajaran memiliki tujuan untuk menekankan pada pemanfaatan pengetahuan, dan
  6. Proses kegiatan pembelajaran menekankan pada proses belajar.

Demikianlah sedikit dari ulasan mengenai ciri-ciri pembelajaran yang menekankan pada orientasi kontruktivisme. Semoga bapak/ibu guru dapat memahami dengan baik dan dapat menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa dan sekolah masing-masing.

Apabila ada kritik dan saran serta ada pertanyaan yang berhubungan dengan ciri-ciri pembelajaran kontruktivisme dapat ditulis di kolom komentar. Admin Pendidikan.web.id akan segera membalas pesan segera. Selain itu, Anda juga dapat menghubungi Admin di laman contact yang terlah disedikan di menu.

Atas perhatiannya, kami ucapkan banyak terima kasih.

ipung.net
ipung.net Paktisi Media Pembelajaran - Digital Marketer

1 comment for "Mengenal Ciri Pembelajaran Kontruktivisme"