Macam-Macam Jurnal Ilmiah yang Harus Kamu Ketahui - Pendidikan
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Macam-Macam Jurnal Ilmiah yang Harus Kamu Ketahui

Saat ini, sudah banyak universitas yang mewajibkan mahasiswanya untuk melakukan publikasi jurnal sebagai syarat kelulusan. Jadi sebagai mahasiswa, kita harus memahami apa itu jurnal dan apa saja macam-macam jurnal ilmiah.

Secara sederhana, jurnal ilmiah adalah salah satu jenis karya tulis ilmiah yang ditulis dengan orientasi akademik. Sebab, target utama pembacanya adalah akademisi, seperti pelajar, mahasiswa, dosen, ilmuwan, dan peneliti.

Jurnal ilmiah berisi publikasi dari kumpulan artikel ilmiah yang membahas topik yang sama. Umumnya, jurnal akan diterbitkan secara berkala atau periodik. Jurnal ilmiah biasanya dikelola oleh suatu institusi atau organisasi profesi, seperti universitas, sekolah tinggi, dan perhimpunan dokter.
Apa Saja Macam-Macam Jurnal Ilmiah yang Harus Dipahami?

Jenis jurnal ada banyak, berikut beberapa jenis jurnal yang harus kamu tahu.

Jurnal Penelitian

Jurnal terdiri dari berbagai jenis, salah satunya adalah jurnal penelitian. Perlu diketahui bahwa jurnal penelitian adalah sebuah laporan yang membahas tentang hasil penelitian ilmiah yang telah dilakukan oleh seorang peneliti.

Jurnal ini biasanya dikerjakan oleh para mahasiswa baik di strata 1 atau strata 2 yang sedang menjalani tugas akhir berupa skripsi dan tesis. Hasil penelitian yang memiliki tema yang sama kemudian dikumpulkan untuk diterbitkan menjadi sebuah jurnal. Di dalam jurnal ini, akan terdapat pembahasan mengenai latar belakang penelitian, metode yang digunakan, hingga hasil dan kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan.

Jurnal Cetak

Jenis jurnal selanjutnya adalah jurnal cetak. Jurnal cetak merupakan jenis jurnal yang diterbitkan secara fisik dalam bentuk majalah. Jadi, artikel yang telah ditulis oleh seorang peneliti akan dikumpulkan ke penerbit secara bersamaan dengan artikel lainnya, lantas akan disebarluaskan melalui media cetak.

Jurnal yang satu ini dahulu sangat popular. Kita dapat dengan mudah menemukannya di perpustakaan sekolah atau universitas. Namun, pada saat ini kebanyakan jurnal cetak telah tergantikan dengan jurnal elektronik karena lebih praktis.

Jurnal Elektronik

Selain jurnal cetak, ada jenis jurnal lainnya, yaitu jurnal elektronik. Saat ini jurnal elektronik lebih popular daripada jurnal cetak.

Jurnal elektronik biasa disebut juga dengan e-journal. Istilah yang satu ini digunakan untuk menggambarkan sebuah publikasi berkala yang diterbitkan dalam bentuk digital. Jadi jurnal ini akan diterbikan secara online melalui platform atau situs web.

Saat ini ada banyak platform atau situs web yang dapat digunakan untuk publikasi jurnal secara online, salah satunya adalah Garuda, LIPI, Researchgate, dan Google Scholar. Jurnal elektronik ini ada yang bisa diakses secara gratis, tetapi ada juga yang harus membayar biaya langganan terlebih dahulu.

Jurnal Nasional

Terdapat juga jurnal nasional atau biasa disebut dengan jurnas. Aturan mengenai jurnal ini tertuang di dalam pasal 20 undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Jurnal nasionalis sendiri adalah salah satu sarana penerbitan artikel yang berskala nasional. Jadi umumnya bahasa yang digunakan merupakan bahasa nasional, yaitu bahasa Indonesia. Akan tetapi, pada bagian abstrak jurnal biasanya ditulis dalam bahasa Inggris. Atau ada juga yang membuat abstrak dalam dua bahasa, yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Jurnal Internasional

Terakhir adalah jurnal internasional. Sesuai namanya, jurnal internasional merupakan salah satu jenis jurnal yang mana naskahnya bersifat internasional. Jadi bahasa yang digunakan adalah bahasa internasional yakni bahasa Inggris.

Publikasi di dalam jurnal internasional biasanya lebih bergengsi dan memiliki angka akreditasi yang lebih tinggi dibandingkan jurnal nasional. Hal ini karena jurnal internasional bereputasi sudah mendapatkan pengakuan dari ilmuwan dunia untuk mempublikasikan suatu temuan atau hasil penelitian. Namun, tentunya proses publikasi di dalam jurnal internasional lebih sulit dari proses publikasi di dalam jurnal nasional. Artikel yang ingin dipublikasi di dalam jurnal internasional akan diperiksa dengan ketat oleh para reviewer handal.

Jadi jika ingin lolos publikasi jurnal internasional, kita harus menyiapkan naskah kita dengan hati-hati. Jangan lupa untuk melakukan proofreading jurnal yang ingin di submit agar tidak ada kesalahan penulisan di dalamnya.

Penulisan jurnal tentunya tidak boleh sembarangan begitu saja karena terdapat pedoman yang perlu diketahui dan dipatuhi. Salah satunya adalah jurnal merupakan pemikiran sendiri dan belum pernah dipublikasikan sama sekali. Pastinya jurnal tersebut mengandung unsur kekinian dan bersifat ilmiah.

Adapun judul harus lebih spesifik dan singkat serta menggambarkan substansi dari tulisan. Di bawah judul terdapat nama penulis yang harus ditampilkan dengan jelas dan lengkap tanpa menyebutkan gelar apapun.

Dalam penulisan jurnal juga harus memperhatikan format dan gaya selingkung jurnal. Tentunya, format antara satu jurnal dengan yang lainnya berbeda-beda. Jadi sebelum membuatnya, kita harus mempelajari format dan gaya selingkung yang berlaku di suatu jurnal.

ipung.net
ipung.net For any business inquiries, endorsement, collaboration, job, etc. Please send your email to: ipung@gmx.com