Widget HTML #1

8 Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingatan Manusia


Penurunan daya ingat dapat terjadi dalam usia berapapun, bukan saja pada lansia seperti yang kita percaya selama ini. Dan tentu saja ini akan membebabani kehidupan seorang. Tapi ada cara-cara khusus buat membantu mengingat semuanya, tanpa terkecuali.

Untuk membuktikannya, cobalah 8 cara yg disebut ampuh menciptakan ingatan seseorang sebagai super seperti halnya dikutip dari Huffingtonpost, Kamis (10/10/2013) berikut adalah:

1. Kaitkan menggunakan Gambar Tertentu

Anda diharuskan mengingat sederet istilah atau nama? Anda akan lebih mudah mengingatnya apabila kata atau nama itu dikaitkan menggunakan gambar gambar eksklusif, apalagi apabila Anda memang ?Visual learner? (diperkirakan pada populasi jumlahnya mencapai 65 persen).

Misalnya apabila Anda harus mengingat besok ada meeting jam 4 sore, cobalah mengaitkannya menggunakan gerombolan  band favorit Anda yg beranggotakan 4 orang. Ini mungkin terdengar konyol, tapi cara ini terbukti dapat memudahkan Anda mengingatnya.

2. Jajal Permainan Perangsang Otak

Permainan yang disebut bisa menstimulasi otak terdapat majemuk, misalnya sudoku dan teka-teki silang. Banyak juga studi yg bisa menerangkan seberapa baik kualitas permainan-permainan ini dalam menaikkan daya jangan lupa seseorang.

Namun ada satu alasan yang bisa dipakai buat mendasari mengapa kita perlu percaya apabila permainan-permainan itu efektif. Sebuah studi baru dalam orang-orang berusia pada atas 60 tahun menemukan bermain video game dapat melatih otak termasuk mempertinggi kemampuan pemainnya untuk melakukan multitasking. Diduga permainan ini bisa mengaktivasi seluruh sinapsis pada pada otak, termasuk bagian memori.

3. Gunakan Metode Cicero

Dikenal juga sebagai metode Loci atau ?Istana memori?, cara ini digunakan buat mengingat informasi memakai kekuatan gambar (pada hal ini lokasi suatu loka) dan menghafalkan interaksi spasial di antaranya buat mengingat balik  berita tadi.

Psikolog John O?Keefe dan Lynn Nadel menjelaskan metode ini dalam kitab   mereka, The Hippocampus as a Cognitive Map: Dalam teknik ini, subjek menghafalkan layout sebuah gedung, atau tatanan pertokoan di sebuah jalan, atau sejumlah entitas geografi lainnya. Caranya, subjek berjalan mengelilingi kompleks yg ingin diingat dan mengaitkan satu item menggunakan lainnya melalui pembentukan gambar di antara item-item itu dan fitur yg mencolok dari kompleks tersebut.

Cobalah teknik ini menggunakan cara mengelilingi kamar atau apartemen menggunakan mata batin Anda & kaitkan warta tertentu dengan tiap kamar, lalu Anda akan dengan gampang mengingat keterangan-kabar berdasarkan setiap kamar.

4. Cobalah Metode Baker-baker

Dalam sebuah percobaan psikologi yg dikenal dengan ?Paradoks Baker baker?, beberapa subyek ditempatkan ke pada dua grup dan diperlihatkan gambar seseorang pria. Satu kelompok diberitahu bila nama belakang pria itu merupakan Baker, sedangkan grup lainnya diberitahu bahwa laki-laki  itu merupakan seorang tukang roti (baker).

Ketika kemudian gambar itu diperlihatkan lagi & subyek diminta mengingat kata yg berkaitan dengannya, mereka yang diberitahu pekerjaan/profesinya jauh lebih cenderung mengingat istilah-katanya.

Penjelasannya gampang saja: meski dua kata dan gambarnya sahih-benar sama, waktu kita membayangkan seorang tukang penghasil roti, citra lain akan ada di ketua, terutama yg berkaitan menggunakan profesi tersebut misalnya apron, dapur, ataupun roti yang masih hangat.

5. Tidur Siang

Tidur siang yang relatif panjang, misalnya satu jam bisa menaikkan kemampuan pembelajaran & daya jangan lupa seorang. Sebuah studi yg dilakukan tahun 2008 menggunakan memakai scan fMRI pun menemukan bahwa kegiatan otak orang-orang yg tidur siang terlihat lebih tinggi dibandingkan orang yg nir beristirahat sama sekali pada seharian.

6. Pakai Label

Mantan Presiden Alaihi Salam, Franklin Roosevelt dikenal memiliki memori yang luar biasa. Ia bisa mengingat nama seorang yg hanya bertemu dengannya satu kali, itupun beberapa bulan sebelumnya, tanpa kesulitan sama sekali. Apa rahasianya?

Roosevelt dapat mengingat nama setiap stafnya (& setiap orang yg beliau temui) dengan membayangkan nama-nama mereka tertulis pada kening masing-masing orang sehabis diperkenalkan padanya. Bahkan CNN menjamin teknik ini jauh lebih efektif daripada apabila namanya ditulis di atas kertas menggunakan rona favorit Anda.

7. Konsumsi Omega-3

Asam lemak omega-3 yang bisa ditemukan dalam kuliner misalnya salmon, tuna, tiram, biji labu, brussel sprout, kacang walnut, ataupun suplemen merupakan salah  satu nutrisi paling krusial bagi otak. Sebuah studi berdasarkan University of Pittsburgh (2012) menemukan konsumsi omega-tiga dapat menaikkan daya jangan lupa orang dewasa. Sedangkan studi lain jua berkata konsumsi omega-3 menurunkan risiko Alzheimer.

8. Perhatikan dengan Seksama

Bisa jadi sebenarnya cara terbaik (meski juga dianggap yang paling sulit dilakukan) buat menaikkan daya ingat merupakan hanya memperhatikan segala hal menggunakan seksama. Pengalihan hanya akan membuat daya ingat sebagai lemah & konsekuensinya, kita pun lebih rentan melupakan aneka macam hal.

Melupakan sesuatu memperlihatkan betapa sibuknya otak Anda. Jadi waktu kita tidak lagi memperhatikan sesuatu dengan akurat, maka memori yang terbentuk tidaklah begitu jelas dan sebab itulah kita menadi kesulitan buat mengingat keterangan itu lagi

Demikianlah 8 Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingatan Manusia. Semoga bermanfata.
ipung.net
ipung.net For any business inquiries, endorsement, collaboration, job, etc. Please send your email to: ipung@gmx.com

Post a Comment for "8 Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingatan Manusia"